MATA
KULIAH : PSIKOLOGI MANAJEMEN
KODE
MATAKULIAH / SKS = IT - 051235 / 2 SKS
Minggu Keempat, Sub Pokok
Bahasan : Definisi Pengorganisasian dan Struktur Organisasi, Pengorganisasian
sebagai fungsi manajemen.
Definisi
Pengorganisasian
Pengorganisasian
adalah suatu proses pembentukan kegunaan yang teratur untuk semua sumber daya
dalam sistem manageman. Penggunaan yang teratur tersebut menekankan pada penekanan pencapaian
tujuan sistem manageman dan membantu wirausahawan tidak hanya dalam membantu
tujuan yag nampak tetapi juga didalam menegaskan sumber daya yang akan
digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.
Pada hakikatnya, tiap sumber daya
organisasional mewakili suatu investasi dari mana sistem manajemen harus
mendapat pengembaliannya (return). Pengorganisasian yang sesuai dengan sumber
daya tersebut akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari penggunaan nya. Henry
fayol telah mengembangkan enam belas garis pedoman umum yang bisa digunakan
ketika mengorganisasi sumber daya . walaupun garis pedoman itu dipublikasikan
di Inggris pada tahun 1946, garis pedoman tersebut masih merupakan saran yang
bernilai bagi wirausahawan dewasa ini.
1.
Menyiapkan dan melaksanakan
rencana operasional secara bijaksana.
2.
Mengorganisasi faset
kemanusiaan dan bahan sehingga konsisten dengan tujuan sumber daya dan
kebutuhan dari persoalan tersebut.
3.
Menetapkan wewenang
tunggal, kompeten, energik, dan menuntun (struktur organisasi formal).
4.
Mengkordinasi semua
aktivitas dan usaha.
5.
Merumuskan keputusan yang
jelas , berbeda dan tepat.
6.
Menyusun seleksi yang
efisisen sehingga tiap-tiap departemen dipimpin oleh seorang manajer yang
kompeten, enerjik dan tiap karyawan ditempatkan dimana dia bisa menyumbangkan
tenaganya secara maksimal.
7.
Mendefinisakan tugas- tugas.
8.
Mendorong inisatif dan
tanggung jawab.
9.
Memberikan balas jasa yang
adil dan sesuai jasa yang diberikan.
10. Memfungsikan sanksi terhadap kesalahan dan kekeliruan.
11. Mempertahankan disiplin.
12. Menjamin bahwa kepentigan individu konsisten dengan kepentingan
umum dari organisasi.
13. Mengakui adanya satu komando.
14. Mempromosikan kordinasi bahan dan kemanusiaan.
15. Melembagakan dan memberlakukan pengawasan.
16. Menghindari adanya mengaturan, birokrasii (red tape) dan kertas
kerja.
Arti penting Pengorganisasian
Fungsi
pengorganisasian sangat penting dalam managemen karena ia adalah mekanisme
utama dengan nama wirausahawan yang mengaktifkan rencana-rencananya. Pengorganisasian
menciptakan dan mempertahankan hubungan antara semua sumber daya organisasional
dnegan menunjukan sumber daya yang mana yang akan digunakan untuk aktivitas
tertentu.
Struktur Organisasian
Struktur organisasi adalah pola
tentang hubungan antara berbagai komponen dan
bagian organisasi. Pada organisasi formal struktur direncanakan dan merupakan usaha sengaja untuk menetapkan pola
hubungan antara berbagai komponen,
sehingga dapat mencapai sasaran secara efektif. Sedangkan pada organisasi informal, struktur organisasi adalah
aspek sistem yang tidak direncanakan
dan timbul secara spontan akibat interaksi peserta.
Struktur organisasi-organisasi memberikan
kerangka yang menghubungkan
wewenang karena struktur merupakan penetapan dan penghubung antar posisi para anggota
organisasi. Jika seseorang memiliki suatu wewenang,
maka dia harus dapat mempertanggungjawabkan wewenangnya tersebut.
Pada umumnya orang akan menganggap
struktur sama dengan desain organisasi.
Sesungguhnya desain organisasi merupakan proses perkembangan hubungan dan penciptaan struktur untuk mencapai
tujuan organisasi. Jadi struktur merupakan
hasil dari proses desain. Proses desain merupakan suatu kegiatan yang
bersifat kontinu dan dirancang oleh manajer.
Apapun bentuk atau hasil dari proses desain
tersebut, para perancang desain organisasi harus merancang sebuah organisasi
yang dapat membuat organisasi tersebut tetap bertahan hidup. Selain itu pemilihan desain organisasi tersebut
akan menentukan besar kecilnya organisasi. Setiap
ukuran organisasi akan memberikan keuntungan masing-masing, namun diharapkan tercapainya tujuan
organisasi dan juga eksistensi dari organisasi.
Bagian
dasar Organisasi
Henry
Mintzberg mengatakan bahwa ada 5 bagian dasar organisasi yaitu :
a. The
Operating Core. Yang termasuk disini adalah para pegawai yang melaksanakan
pekerjaan dasar yang berhubungan dengan produksi barang dan jasa.
b. The
Strategic Apex. Yang termasuk di dalam bagian ini adalah manajer tingkat puncak
(top management).
c. The
Middle Line. Yang termasuk di dalam bagian ini adalah para manajer yang
menjembatani manajer tingkat atas dengan bagian operasional.
d. The
Technostructure. Yang termasuk dalam bagian ini adalah mereka yang diserahi
tugas untuk menganalisa dan bertanggung jawab terhadap bentuk standarisasi
dalam organisasi.
e. The Support
Staff. Yang termasuk disini adalah orang-orang yang memberi jasa pendukung
tidak langsung terhadap organisasi ( orang-orang yang mengisi unit staff)
SUMBER-SUMBER PENULISAN :
SUMBER-SUMBER PENULISAN :
Sumber Tulisan :
1.
Copyright
dhanie victorramadhani@webmail.umm.ac.id http://dhanie.student.umm.ac.id/2010/07/28/pengertian-manajemen-dan-fungsi-fungsinya/
2.
Ebook :
dasar-dasar Pengorganisasian. http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/kewirausahaan/bab11-dasar_dasar_pengorganisasian.pdf
3.
Makalah : Konsep dasar
Organisasi Oleh Nur Rafida : http://rinikurniasih11.files.wordpress.com/2012/05/makalah-profdik.pdf
4.
Makalah Teori Kepemimpinan
Oleh : Udik budi wibowo (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/C%202011-13%20Teori%20Kepemimpinan.pdf)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar